Saturday, May 7, 2011

Kue lapis beras

Waktu gw kasih ke ipar utk dicoba,sambil bingung dia nanya : ..... gimana bikinnya bisa sampai lapisan gitu ??? .... :-) emang kayanya kue2 mrk gak ada tuh yg lapis2 gitu.
Yang parahnya si Babeh,baru aja pulang ke rmh,pas ngeliat gw lagi upload foto2 di flickr,dia nyeletuk ... wahhh photographer ni yeee katanya ... tau2 ngeliat foto kue lapis dia nyeletuk : ..... itu pancetta (salami dr daging babi,keliatan berlapis) diapaiin item gitu ?? ..... Pancetta ???? .... ye gimana sih !!! ...... cuma bisa nyengir ...

resepnya agak gw modifikasiin dikit,warna hijaunya gw ganti warna coklat,itu juga ukurannya asal ngira2 aja,tp jadi juga kok.

lapis

Bahan :
250 gr tepung beras
25 gr tepung kanji/sagu
900 ml santan dr 2 btr kelapa (gw pake santen kalengan)
250 gr gula pasir
1/4 sdt garam
2 lbr daung pandan (gakpunya)
100 ml santan kenatl
100 ml daun suji (gw ganti 3 sdt coklat bubuk)
2 tetes warna hijau tua

Cara membuat :
1. Didihkan santan,daun pandan dan garam.Diamkan hingga hangat kuku.
2. Aduk tepung beras,tepung kanji,gula dan vanilli.Tuang santan sedikit demi sedikit
sambil di uleni.
3. Bagi adonan menjadi 2 bagian.Satu bagian di tambah 100 ml santan kental.Aduk rata.
4. Satu bagian di tambah air daun suji dan pewarna hijau tua,aduk rata.
5. Tuang 1 sedik sayur adonan putih di loyang loaf (apa aja) yg sdh diolesi minyak.
Kukus selama 5 menit.Lapisi adonan hijau.Kukus lagi selama 5 menit.
6. Ulangi lapisan hingga adonan habis.

Note: klu mau di potong2,pisaunya sering2 di celup ke dlm air,selain motongnya lancar juga gak lengeket.

Sumber resep :Kumpulan resep masakan indonesia