Friday, March 4, 2011

Ayam rica-rica

Di bilang ayam rica-rica ya ayam yg di cabeiin banyak,rica bhs menado yg artinya cabe,cuma yg gw bikin kayanya mendingan di blg ayam rica aja deh :-) abis cabenya cuman satu.
Biasanya gw klu masakan maskan indo yg pedes2 biasanya gw juga masak lain buat si Babeh,secara dia gak bisa makan yg pedes2,cuma lebih repot deh ... jadi dgn pertimbangan (ceilee) biar gak repot n emang gwnya lagi males,sekalian deh nih ayam gw masak juga buat si Babeh.

Jadi biar tuh orang perutnya gak sakit n bibirnya gak dower karna kepedesan,cabenya gw kurangin,bahkan sangat-sangat di kurangin :-D ... lha wong cuman satu ....
Ternyata enak juga,dia gak ngeluh tuh !! n juga lahap ....

Ayam rica-rica

Resepnya punya Rudy Choirudin yg dah gw modifikasiin dikit.
Contohnya gw tambahin tomat n gula pasir.
Ge juga bikinnya cuma setengah resep aja.

Ayam Rica-rica

Bahan:
- 1 ekor ayam di potong 16 bagian
- 2 btg sereh di memarkan (gw potong bagi 3 trus di geprek biar lebih meresap)
- 6 bh bawang merah di rajang
- 1 lbr daun pandan
- 5 lbr daun jeruk
- 50 ml minyak goreng
- 150 ml air
- 1 bh jeruk nipis
- 1 - 2 bh tomat di iris
- sedikit gula pasir

Bumbu yg di haluskan agak kasar:
- 12 bh cabe merah
- 10 bh cabe rawit merah
- 7 siung bawang putih
- 4 cm jahe
( caeb bisa di kurangin klu terlalu pedas)

Cara membuat:
- Tumis bawang merah,sereh dan daun pandan (klu gak ada gak papa) hingga bawang
kecoklatan.Masukan bumbu yg di haluskan,daun jeruk dan irisan tomat,aduk hingga harum
- Kemudian masukan ayam aduk hingga ayam berubah warnanya,tambahkan air,kecilakan api
dan tutup.Diungkep hingga ayam agak mengering sambil sesekali di aduk.Angkat.
- Tambahkan air jeruk,aduk hingga rata

Note : klu numis minyaknya dikit aja,soalnya dr ayam itu sendiri akan keluar minyak.

Sumber resep : Rudy choirudin