Wednesday, March 2, 2011

Rendang Daging

Kalau bikin biasanya gw ampe sekiloan,hehehe kaya banyak aja ... ya banyak dong klu yg makan cuma gw sendiri .... biasanya gw taruh dlm plastik n di porsiin trus di masukin dlm frezzer,tinggal di ambil tiap porsi klu mau makan.
Daging nya gw pake daging campuran urat,gak banyak sih ...
Yg jelas sama2 enak deh ...

Rendang Daging

Bahan :
. 1 kg daging tanpa lemak,potong2 tipis,cuci bersih tiriskan
. 3 btr kelapa tua parut,buat santan (2-3 kali perasan) gw pake 2 klg santan

bumbu yg dihaluskan:
. 20 btr bawang merah
. 10 btr bawang putih
. Seibu jari jahe (6 cm)
. 1 ons cabe merah giling
. 1 sdt merica

Bumbu lainnya :
. Seibu jari lengkuas
. 3 batang sereh,geprek bagian putihnya
. 3 bh bunga pekak (gak pake)
. 5 lbr dauh jeruk
. 3 lbr daun salam
. 2 lbr daun kunyit,sobek2 ( gw pake kunyit bubuk)

Bumbu pelengkap :
. 1 sdm kelapa serundeng (kelapa parut di gongseng sampai coklat,giling halus
sampai keluar minyaknya) bisa pake kelapa kering,di gongseng
. 1 sdm hati sapi rebus,giling halus
. 1 sdm air asam
. Garam secukupnya
. Gula pasir secukupnya

Cara membuat :
1. Ungkep daging dgn bumbu halus,biarkan air daging keluar.Ungkep sampai air kering.
2. Tuang santan,masukan semua bumbu kecuali bumbu pelengkap,aduk rata.
3. Aduk santan dgn gerakan menimba dgn sendok hingga santan mendidih,janga jgn
sampai santan pecah.Gerakan menimba akan mencegah santan pecah.
4. Kecilkan api,masak sampai mengeluarkan minyak,tambahkan bumbu pelengkap.
5. Masak terus sambil sesekali di aduk agar tdk lengket,sampai rendang berdedak
dan berwarna kecoklatan

Sumber resep : Dewi Anwar by NCC