Friday, March 20, 2009

Lontong Paris ( Kue Kurma )

Nih kue gw dah cari kemana-mana,ngider gitu hehehe .... cuma karna gak tau namanya ya walhasil kaga ketemu .... eh dasar jodoh gak sengaja mampir di blognya Dita " Yummy " ngeliat tuh kue,wisss ... langsung dicoba deh .... ini kue asalnya dari sulawesi yg gw tau,di sulawesi blg Kue Kurma katanya ..... apapun itu yg penting kesampean bikin tuh kue .... laki gw demen bangettt .... minta dibikinin lago lhooo ... GR nih yee .... kacang tanahnya gw pake kacang tanah kulit,dikupas trus dicincang kasar tanpa harus dioseng lagi,kan itu dah mateng ..... soalnya beli kacang tanah disini jauh bgt,walau dgn kacang kulit harganyanya agak mahalan karna beli sekilo pas dikupas jadinya gak sekilo ... gap pa pa lah sekali-kali ini ....

Photobucket

Bahan :
250 gr mentega
75 gr gula halus
1 btr telur
300 gr tepung terigu
2 sdm maizena

Bahan lapisan karamel : (seperti Dita gw gak pake takaran kira2 aja )
gula secukupnya
air mendidih secukupnya
Kacang tanah,cincang sangrai,utk balutan kue

Cara membuat :
1. Kocok mentega dan gula halus sampai putih,masukan telur.
2. Masukan tepung terigu dan maizena ke dlm adonan sedikit demi sedikit,aduk rata.
3. Cetak adonan sebesar ibu jari atau sesuai selera.Letakan dlm loyang yg sdh dioles mentega.
( gw biasanya dialas pake kertas roti aja,tanpa harus dioles mentega)
4. Panggang dlm oven panas dgn suhu 160-180'c selama 30 menit.

Cara membuat lapisan karamel :
1. Masak gula dgn api kecil,sampai meleleh dan berwarna keemasan.Sering di aduk ya.
2. Kemudian masukan air mendidih sedikit demi sedikit.
3. Dalam kondisi panci karamel diatas kompor dgn api kecil,masukan kue2 ke dlm panci,
baluri sampai kue tertutup karamel.
4. Angkat dan gulingkan dlm wadah yg berisi kacang tanah cincang.
5. Biarkan hingga dingin lalu masukan dlm toples.

Sumber resep : PinotDita http://last-bite.blogspot.com/

Thanks ya Dita buat resepnya