Friday, March 27, 2009

Nasi Kuning

Dah lama mau bikin nasi kuning,cuma suka males aja ... soalnya gw juga pasti harus masak bersama menu pelengkap lainnya biar afdol ceilleee ..... akhirnya pas dateng blanjaan gw langsung deh ngubek dapur,ada teri yg bisa dijadiin menu pelengkap dan ayam kentucky plus telur dadar yg jelas dah ada :-) .... gw bikin ayam kentucky karna kebetulan gw beli bumbu kentucky jadi,dan kedua gw males n ribet klu harus bikin ayam berbumbu,ini aja cuma masak segitu dah bikin dapur gw dah kaya abis diamukin org hehehehhe ...

Photobucket

Bahan :
1 kg beras pulen
1,5 lt santan dari 1 1/2 butir kelapa parut ( gw pake 1 klg tambahin sedikit air )
2 sdm air kunyit ( 1 sdm kunyit parut,larutkan dgn 2 sdm air,lalu saring ) ( gw pake 1 sdm
kunyit bubuk,larutkan dgn air )
2 btg serai,memarkan
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk purut
2 lbr daun pandan
1 sdt garam
1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat :
- Cuci beras hingga bersih,tiriskan.
- Kukus dlm dandang panas selama 30 menit.Angkat.Tarus dlm panci.
- Rebus santan,air kunyit,serai,daun salam,daun jeruk,pandan dan garam hingga mendidih.
Angkat.
- Tuangkan ke dlm panci berisi beras.Aduk2 hingga santan habis terhisap oleh beras.
- Perciki air jeruk nipis,aduk hingga rata.
- Kukus dlm dandang panas selama 30 menit hingga matang.Angkat.
- Sajikan dgn lauk pelengkap sesuai selera.

Lauk pelengkap ,pilih sesuai selera : kering tempe/teri kacang,telur dadar,Abon sapi;perkedel,
telur pindang kecap,ayam goreng.

Sumber resep : www.Detikfood.com